BerandaBANUATanah BumbuBupati Tanbu Harap Seluruh Pemangku Kepentingan Saling Berkoordinasi Antisipasi Karhutla

Bupati Tanbu Harap Seluruh Pemangku Kepentingan Saling Berkoordinasi Antisipasi Karhutla

LANGKAR.ID, Batulicin – Perlu adanya kesolidan Pemkab Tanbu dan seluruh elemen dalam rangka melakukan langkah awal untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Camat Sungai Loban, Agus Salim dalam apel siaga karhutla baru-baru ini.

Yakni pemetaan terhadap daerah rawan kebakaran hutan dan lahan di tingkat kecamatan, desa atau kelurahan.

“Kemudian, hendaknya dapat memberikan informasi penting agar bencana kabut asap ini dapat segera diantisipasi,” ujarnya.

Dalam kerangka membangun kesiapsiagaan, pengetahuan menjadi sentral dalam mengetahui dan memahami konteks penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan menyebarluaskan informasi secara terarah dan terukur.

“Khususnya mengenai langkah-langkah masyarakat dalam menyikapi situasi bencana, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya.

Seluruh jajaran Pemkab Tanbu, serta TNI dan Polri, maupun instansi Pemerintahan terkait serta dunia usaha dan masyarakat, agar dapat saling membantu dalam penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan secara lebih cepat.

“Tak lupa juga mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan posko siaga darurat jika terjadi bencana,” pesannya.

Dengan melakukan pemantauan dan evaluasi pada beberapa titik rawan kebakaran hutan dan lahan, serta memperhatikan apakah sarana prasarana penanganan kebakaran hutan dan lahan dapat berfungsi secara optimal. Jika ada infrastruktur yang mengalami kerusakan, dapat segera laporkan dan tindaklanjuti segera.

“Kegiatan apel siaga kebakaran hutan dan lahan, dapat segera mensosialisasikannya kepada seluruh elemen masyarakat,” pungkas Bupati Zairullah.

“Terutama tentang pentingnya upaya penanggulangan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, secara dini dan menyebarluaskan informasi potensi kebakaran hutan dan lahan dengan baik dan tepat,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BACA JUGA