BerandaBeritaPengamat: “Kingmaker” Pilpres 2024 di Pusat dan Provinsi Terhubung

Pengamat: “Kingmaker” Pilpres 2024 di Pusat dan Provinsi Terhubung

LANGKAR.ID BANJARMASIN – Pakar Politik dari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Suriani Shiddiq, berpandangan Pemilihan Presiden 2024 tak hanya menjadi arena pertarungan bagi para kandidat calon presiden dan calon wakil presiden.

Pilpres juga menjadi ajang pertarungan penentu keputusan dibelakang baik tingkat Nasional hingga Daerah, namun biasanya para “Kingmaker”Pilpres 2024 itu saling terhubung.

“Kalo ditanya “Kingmaker”orang yang berpengaruh pada ketiga paslon dikalsel itu adalah serupa meski tidak sama persis dengan yang di tingkat nasional”ujarnya.

Ia juga mengatakan ditingkat nasional kita faham betull 3 Kingmaker yang berpengaruh langsung kepada masing-masing paslon.

Untuk pasangan nomor urut 1 Anies Cak Imin ada Surya Paloh, Nomor urut 2 Prabowo-Gibran ada Jokowi, Paslon 03 Ganjar-Machfud ada Megawati.

“jadi untuk level provinsi kingmakernya merujuk pada tingkat nasional yang sejatinya harus sinergis”jelasnya.

Ia juga menambahkan, di Kalsel ada 6 partai yang terpengaruh tokoh-tokoh kunci termasuk dukungan pengusaha di belakangnya.

“Ada bebera suvei yang saya amati, yang terpengaruh dukungan pengusaha dibelakangnya”ujarnya

Sementara itu, menurut Mahyuni Pengamat Politik yang juga mantan Ketua Bawaslu Kalsel mengatakan di Kota Banjarmasin dari 500 responden masih relatif berimbang terkhusus capres 01 dan capres 02

“Pemilih di Kalsel cenderung melihat figure”ujar Mahyuni. (L212)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BACA JUGA