LANGKAR.ID BANJARMASIN – Sejumlah mahasiswa dan dosen Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin menggelar kunjungan ke Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Banjarmasin. Kunjungan ini dilaksanakan di Banjarmasin Command Center (BCC) Balaikota Banjarmasin pada Jum’at (31/5/2024).
Dibawah kepemimpinan Kaprodi Ilkom FISIP Uniska, Risa Dwi Ayuni, 40 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa disambut hangat oleh Kepala Bidang Informasi Publik, Hj Nurbaiti, serta beberapa narasumber dan petugas terkait lainnya.
Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan baru kepada mahasiswa dalam bidang ilmu komunikasi, serta menyiapkan mereka menghadapi dunia kerja di masa depan. Salah satu narasumber, Hj Nurbaiti, menjelaskan tiga topik utama kepada mahasiswa, yakni layanan Kehumasan Pemko Banjarmasin, Layanan Call Center 112 Banjarmasin Siaga, dan Pengaduan SP4N Lapor.
“Narasumber menyampaikan informasi terkait layanan kehumasan di Pemko Banjarmasin, Call Center 112, dan SP4N Lapor,” ujarnya.
Nurbaiti berharap kunjungan ini akan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang pelayanan dan kanal aduan publik yang dimiliki oleh Pemko Banjarmasin, sebagai bagian dari implementasi konsep Smart City.
Salah seorang mahasiswa, Zaskia, menyatakan apresiasinya terhadap pengalaman belajar yang didapat dari kunjungan ini. Ia mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut memberikan wawasan baru mengenai kehumasan dan pengaduan di Pemko Banjarmasin.
“Kami dapat belajar langsung tentang kehumasan di pemerintahan, yang sebelumnya hanya kami pelajari di kelas,” ujarnya.
Selain itu, Zaskia juga menambahkan bahwa kunjungan ini membuka wawasan tentang peran kehumasan dan layanan pengaduan Pemko Banjarmasin terhadap masyarakat.
“Kami menjadi lebih memahami usaha kehumasan Pemko Banjarmasin untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan media,” katanya.
Menurutnya, kinerja kehumasan Pemko Banjarmasin sudah sangat baik, yang berdampak positif pada hubungan antara pemerintah dan masyarakat.(Adv/L212)