LANGKAR.ID, Banjarmasin – Viralnya pemberitaan dimedia sosial terkait sulitnya distribusi air bersih dikawasan warga Alalak Tengah RT. 14, Banjarmasin Utara mendapat respon cepat pihak PAM Bandarmasin, Selasa (17/1/2023)
Direktur Utama (Dirut) PAM Bandarmasin, Ir Yudha Achmady, bersama jajaran direksinya menggelar jumpa pers terkait permasalahan yang menimpa warga Alalak Tengah.
Dalam kegiatan tersebut, Ir Yudha Achmady menerangkan bahwa kurang maksimalnya pendistribusian air bersih ke Kawasan Alalak Tengah masih mereka dalami penyebabnya.
“Seminggu ini akan kita dalami penyebab kurang maksimalnya pendistibursian air bersih tersebut, kita akan evaluasi, apakah dikarenakan tekanan debit air yang berkurang karena bertambahnya pelanggan ? atau karena ada gangguan”terangnya.
Ia juga mengatakan bahwa pihak PAM Bandarmasin sudah meminta kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat untuk mendapat warganya yang tidak mendapatkan pasokan distribusi air bersih.
“Kita sudah kantongi juga nama-nama warganya yang airnya macet”ujarnya.
Disinggung apakah perlu diletakan tandon, Dirut PAM Bandarmasin itu mengatakan bahwa mereka juga sudah menanyakan hal tersebut kepada RT, namun dianggap masih belum perlu.
“Sudah kita tanya Ketua RT, tapi katanya masih belum perlu tandon.
Kendati demikian, pihak PAM Bandarmasin, mengaku siap menyediakan tandon jika dibutuhkan.
“Kami siap saja, dan membuka seluas-luasnya laporan masyarakat, sembari kami melakukan perbaikan pendistribusian”tambahnya.
Selain itu, ada beberapa langkah yang dilakukan pihak PAM Bandarmasin diantaranya mengurangi sedikit tekanan air diwilayah-wilayah yang tinggi agar distribusi air bisa tersuplai merata khususnya kekawasan alalak tengah.
“Kita akan mengurangi tekanan diwilayah-wilayah yang tinggi, dan kita juga akan memasukan alat air ven untuk menyedot udara-udara yang terjebak dalam pipa agar air bisa cepat mengalirnya”pungkas Yudha Achmady. (L212)