LANGKAR.ID,BANJARMASIN – Transformasi digital menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien. Sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia untuk mewujudkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) menggelar sosialisasi MPP Digital se-Kalimantan di Galaxy Hotel Banjarmasin, Kamis (20/6/2024).
Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik, Yanuar Ahmad, menekankan pentingnya memanfaatkan sosialisasi ini untuk kemajuan transformasi digital di daerah.
“Kami harap tidak hanya satu arah, manfaatkan sebaik-baiknya sosialisasi ini. Tanyakan apa saja yang diperlukan untuk transformasi digital,” kata Yanuar.
Yanuar menegaskan bahwa transformasi digital bukan lagi pilihan, melainkan keharusan dalam sistem pelayanan yang berbasis digital.
“Digitalisasi adalah kunci dari penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien,” ungkapnya.
Pemprov Kalsel, melalui Kepala Biro Organisasi Provinsi Kalimantan Selatan, Galuh Tantri Narindra, menyambut baik kegiatan ini. Tantri menyatakan bahwa peningkatan layanan publik terus menjadi perhatian Gubernur Sahbirin Noor, atau Paman Birin, agar dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.
“Peningkatan layanan publik adalah bagian dari misi keempat dalam RPJMD Kalsel. Kalsel terus berbenah untuk meningkatkan layanan dan selalu menjadi perhatian kita semua,” jelas Tantri.
Saat ini, terdapat 216 Mal Pelayanan Publik (MPP) yang telah diresmikan dan beroperasi secara nasional, yang mencakup 43% dari jumlah kabupaten/kota. Sebanyak 60 kabupaten/kota telah menerapkan MPP Digital.
Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat implementasi digitalisasi layanan publik di Kalimantan, mendukung efisiensi, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (L212)