BerandaAdvertorialKominfo Kalsel Gelar Rakerda, Bahas Efisiensi Layanan dan Transformasi Digital Daerah

Kominfo Kalsel Gelar Rakerda, Bahas Efisiensi Layanan dan Transformasi Digital Daerah

LANGKAR.ID,BanjarmasinRakerda bertajuk Transformasi Digital Menuju Kalsel Babussalam dan Mewujudkan Indonesia Emas — Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dihadiri seluruh Dinas Kominfo se-Kalimantan Selatan serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat provinsi, Selasa (29/10). Acara yang berlangsung di Rattan Inn Banjarmasin ini akan berjalan selama tiga hari dan fokus pada program transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi layanan publik.

“Respon pemerintah harus cepat di semua level, baik provinsi maupun kabupaten/kota, sehingga keluhan masyarakat bisa ditangani dengan lebih baik,” kata Kepala Dinas Kominfo Kalsel, M. Muslim. Ia berharap, melalui topik-topik yang dibahas di Rakerda, sinergi dan kolaborasi antar 13 kabupaten/kota di Kalsel semakin kuat.

Selain percepatan respon layanan, Muslim menyoroti moratorium atau penangguhan aplikasi baru. Menurutnya, aplikasi pemerintah yang jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu perlu ditata ulang agar lebih efisien. “Aplikasi tambahan tetap diperbolehkan, tapi harus terintegrasi dengan sistem yang sudah ada,” jelasnya.

Kepala Diskominfotik Banjarmasin, Windiasti Kartika, yang juga menjadi narasumber, membagikan pengalamannya terkait keberhasilan Banjarmasin dalam indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). “Untuk mencapai keterpaduan layanan digital, kami merancang domain, komponen, dan indikator yang mendukung arsitektur SPBE, sesuai kebutuhan masyarakat,” ujar Windiasti.

Ia berharap kesuksesan Banjarmasin dalam mendongkrak indeks SPBE bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain di Kalsel. Pemerintah pusat sendiri menargetkan sembilan layanan prioritas dalam transformasi digital, termasuk layanan kesehatan, pendidikan, bantuan sosial, administrasi kependudukan, hingga integrasi data dalam portal layanan pemerintah.

Rakerda kali ini juga mengevaluasi pengelolaan kanal aduan SP4N-Lapor di setiap instansi, memastikan masyarakat dapat menyampaikan aspirasi secara cepat dan tuntas. (Adv/L212)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BACA JUGA